Copyright @ 2012 oleh Maz Annas. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mouse Komputer Pertama Di Dunia

Mouse komputer, tentu kita semua sudah hafal fungsi dari gadget  yang satu ini. Alat kecil yang memudahkan kita menelusuri jejaring sosial, pencarian Google, bermain game bahkan mengirim email. Dan yang lebih penting, apa jadinya  kita semua tanpa klik kanan dan kursor?
Mouse Komputer Pertama Di Dunia
Tapi apa anda tahu bahwa mouse pertama itu sangatlah sederhana dan memiliki jalan panjang untuk untuk bisa sampai ke bentuk seperti sekarang?

Fitur utama Mouse adalah trackball nya. Trackball pertama yang diketahui berasal dari Angkatan Laut Kanada pada tahun 1952. "Mouse" ini menyerupai bola bowling yang melekat pada sistem hardware  rumit yang mendeteksi gerakan bola lalu menirukan gerakannya pada layar.
Sebelas tahun setelah desain militer tersebut, Douglas Engelbart  menjadi ayah dari mouse modern. Dia mengembangkan gadget yang terbuat dari bahan dasar kayu, menggunakan dua roda untuk membuatnya bergerak. Ini adalah mouse pertama yang bisa di pegang tangan.
Berikutnya Xerox membuat mouse yang menggunakan LED dan sensor optik "Alto.", plus mousepad grid  khusus untuk menjalankan fungsinya. Kemudian, pada tahun 1981, Xerox menyempurnakan gadgetnya. Mouse bekerja dengan Xerox’s Star interface, dan menjadi mouse pertama yang di jual ke public - $ 75.000 untuk fungsi full version.
Pada tahun 1983, Apple memasuki arena permainan. Mouse yang mengadopsi kembali teknologi trackball dan menggunakan satu tombol horisontal. Mouse disertakan pada Apple's Lisa komputer, biayanya $10.000 pada waktu itu.
Mouse Komputer Pertama Di Dunia
Mouse melengkung dan berkontur seperti yang populer saat ini berawal pada tahun 1991, ketika Logitech meluncurkan mouse nirkabel pertama "MouseMan Cordless" menjadi yang pertama menggunakan sinyal radio dan bisa bergerak bebas.Logitech meningkatkannya lagi pada tahun 2004, membuat mouse laser, menerobos kepopuleran  versi LED inframerah. Ini juga berarti akhir dari mousepad tercinta, karena MX1000 bekerja baik pada semua bidang permukaan.
Mouse Komputer Pertama Di Dunia
Roda gulir (scroll wheel) memungkinkan bagi pengguna untuk gulir dokumen atau halaman web ke atas dan ke bawah,ini adalah ciptaan Microsoft pada tahun 1996. Dan pada tahun 1998, Apple mempopulerkan USB, membuat mouse lebih universal, karena kebanyakan komputer memiliki setidaknya satu port USB.
Sebuah aksesori komputer yang terus berkembang dan berinovasi dari waktu ke waktu.Lalu bagaimana pendapat anda tentang mouse di bawah ini?
Mouse Komputer Pertama Di Dunia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Agar Admin Blog Ini Bisa Mengetahui Masalah Anda

Alexa

Visitor

free counters